Cari Blog Ini

Senin, 06 September 2010

TIPS DAN TRIKS MENGERJAKAN DISERTASI, TESIS DAN SKRIPSI

Untuk dapat mengerjakan Disertasi, Tesis, dan Skripsi dengan mudah, maka peneliti perlu mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut :
1. Identifikasi Masalah
Dalam hal ini, peneliti terlebih dahulu melakukan identifikasi masalah. masalah apa yang terdapat dalam penelitian sehingga perlu untuk diteliti.
2. Rumusan Masalah
Dalam hal ini peneliti perlu merumuskan masalah dari hasil identifikasi masalah.
3. Tujuan Penelitian
Dalam hal ini peneliti perlu menjelaskan apa yang menjadi tujuan penelitiannya. Contoh tujuan penelitian : Untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan
4. Kajian Literatur
Dalam hal ini, peneliti perlu menguraikan teori-teori yang berkaitan dengan judul penelitian
5. Metode Penelitian
Dalam hal ini peneliti perlu menjelaskan metode penelitiannya. Misalnya penelitian deskriptif, penelitian korelasional, atau penelitian eksperimental
6. Pengumpulan Data
Dalam hal ini peneliti perlu menjelaskan prosedur dan teknik pengumpulan data. Misalnya wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi atau kombinasi dari keempat metode tersebut.
7. Teknik Analisis
Dalam hal ini perlu menjelaskan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data ada dua jenis, yaitu non statistik dan statistik. Teknik analisis data harus selaras dengan metode penelitian.

1 komentar: